Tips dan Cara Mudah Agar Badan Selalu Sehat dan Bugar

Fimela.com
Siapa sih yang tidak ingin mempunyai badan yang sehat dan bugar. Setiap orang pasti ingin dan bercita-cita berbadan sehat dan bugar. Tapi sebagian tidak memiliki waktu alias sibuk. Entah itu sibuk bekerja atau sibuk tidur.

Iya, sibuk tidur. Kerjaannya tidur pagi siang malam. Bangun hanya untuk makan dan ke jamban saja. Benar-benar keseharian yang sangat tidak menyehatkan.

Sebenarnya untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar tidak sulit dan perlu harus mengeluarkan banyak biaya.

Berikut beberapa cara/ tips untuk menjaga tubuh badan tetap sehat dan bugar:

1. Olahraga teratur

Usahakan setiap pagi melakukan aktivitas olahraga, meskipun itu olahraga ringan. Nah, kebanyakan mengartikan olah raga sebagai sebuah aktivitas yang ribet dan memakan banyak ruang dan waktu luang. Olahraga bisa dilakukan secara mandiri, seperti push up, sit up. Jika ingin lebih, lakukan out door. Jogging di pagi hari sebelum berangkat menjalankan aktivitas sehari-hari.

2. Jaga porsi makanan.

Porsi makan yang sesuai dan cukup, bukan makan sampai kenyang dengan menu serba enak. Porsi makan yang sesuai adalah memilih makanan yang cocok dan dibutuhkan oleh tubuh. Keseimbangan antara protein dan vitamin, serta karbohidrat perlu dijaga agar terhindar dari berbagai penyakit. Kebanyakan penyakit disebabkan oleh obesitas atau kegemukan. Juga enuhi makanan yang berserat setiap harinya. Makanan yang berserat antara lain yaitu apel, wortel dan kacang-kacangan. Fungsi makanan berserat ini untuk menjaga tubuh dari serangan bakteri.

3. Hindari makanan siap saji (bungkusan), rokok serta minuman yang beralkohol.

Ketiga jenis yang disebut diatas sangat beresiko terhadap kesehatan. Dan tentunya akan sangat mempengaruhi pola hidup Anda.

4. Tambahkan porsi sayur dan buah.

Sayur-sayuran dan buah-buahan adalah sumber vitamin yang sangat baik untuk tubuh manusia. Mampu melancarkan peredaran darah yang membuat tubuh terasa lebih bugar.

5. Penuhi Kebutuhan Vitamin D

Kebutuhan vitamin D sangat penting bagi tubuh. Karena vitamin D ini berfungsi untuk menstimulus sel imun untuk menghalau virus dan bakteri. Vitamin D dapat ditemukan pada sinar matahari secara gratis. Apalagi hidup dengan iklim Indonesia, kebutuhan Vitamin D tidak hanya cukup, tapi juga lebih. Makanya jangan terlalu sering bergadang dan tidur di pagi hari. Untuk makanan yang mengandung Vitamin D antara lain telur, hati dan ikan.

6. Minum air minimal 8 gelas setiap harinya.

Air sebagai kebutuhan pokok setelah udara adalah yang paling dibutuhkan tubuh. Untuk mendapatkan badan yang bugar, minum air yang cukup adalah kebutuhan dasar. Tanpa perlu penjelasan lebih lanjut, tentunya semua kita sadar pentingnya air bagi tubuh kita.

7. Jangan duduk terlalu lama.

Perlu menghindari duduk terlalu lama karena dapat membuat badan anda menjadi cepat lelah. Bagaimana dengan pegawai kantor yang duduk dari pagi hingga sore (dengan hanya istirahat makan siang)? Usahakan bergerak dan melakukan aktivitas seperti bangun berjalan. bahkan jika tidak penting sekali pun, minimal setiap satu jam, Anda perlu bangun dan berjalan untuk melepaskan sendi-sendi di tubuh Anda agar tidak kaku, sehingga membuat kondisi tubuh Anda cepat lelah.

8. Istirahat yang cukup.

Semua itu tidak akan berguna jika tubuh Anda tidak beristirahat. Dengan berbagai aktivitas yang dilakukan, tubuh butuh kepada istirahat yang cukup. Tidak mungkin badan akan bugar, jika sel-sel dalam tubuh kita tidak pernah bersitirahat dengan cukup. Karena sel dan jaringan dalam tubuh kita perlu waktu untuk istirahat ddan memperabarui diri.

Dari tips di atas ada dua hal yang paling penting secara kesehatan, yaitu mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan dan menghindari duduk yang terlalu lama. Sebab salah satu pemicu yang menyebabkan munculnya penyakit mematikan seperti kanker dan jantung malah diakibatkan dari kebiasaan duduk Anda yang terlalu lama. Untuk mengimbangi hal tersebut, para ahli menganjurkan agar selalu mengonsumsi makanan yang sehat seperti sayur-sayuran hijau dan buah-buahan. Dan jangan lupa untuk tidak merokok dan minum-minuman yang berakohol karena hal ini sangat tidak baik kesehatan tubuh Anda.

0 Response to "Tips dan Cara Mudah Agar Badan Selalu Sehat dan Bugar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel